Satuan Pendidikan :
MA NU TBS Kudus
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
X/ Ganjil
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
4 x 45 (2 x pertemuan)
A.Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai) santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3 Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan
rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian spesifik yang sesuai
denganbakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Meyakini kesempurnaan akidah Islam
2.1.
Memiliki akidah yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari
3.1.
Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya
4.1.
Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas iman/ akidah Islam
C. Indikator
1. Menjelaskan
pengertian akidahdengan benar
2. Menyebutkan
dalil-dalil yang berhubungan dengan akidah Islam dengan benar
3. Menyebutkan
kesempurnaan akidah Islam dengan benar
4. Menjelaskan
prinsip-prinsip akidah Islam dengan
benar
5. Menyebutkan
metode-metode peningkatan kualitas iman/akidah islamiyah dengan benar
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplo rasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan,
peserta didik
mampu menjelaskan
pengertian akidah, menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan akidah Islam
dan kesempurnaan akidah Islam, menjelaskan prinsip-ptinsip akidah Islam dan
dapat menyebutkan metodemetode peningkatan kualitas iman/ akidah islamiyah
E. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Akidah
Akidah
berarti tali pengikat batin manusia dengan yang diyakininya sebagai
Tuhan
yang Esa yang patut disembah dan Pencipta serta Pengatur alamsemesta ini.
2.
Dalil / Argumentasi dalam Akidah
Dalam
membahas akidah harus diajukan argumentasi yang benar yangmemadai disebut
Dalil.
Dalil
dalam akidah ada dua yaitu:
a. Dalil Aqli.
b. Dalil Naqli (Wahyu Allah)
3.
Tujuan Akidah Islam
a.
Untuk mengikhlaskan niat dan ibadah kepada Allah satu-satunya.
b.
Membebaskan akal dan pikiran dari kegelisahan dan keraguan.
c.
Ketenangan jiwa dan pikiran, tidak cemas dalam jiwa.
d.
Meluruskan tujuan dan perbuatan dari penyelewengan dalam beribadah
e.
Bersungguh-sungguh dalam melakukan kebaikan
f.
Meraih kebahagiaan dunia dan akhirat dan kebahagiaan jasmani dan rohani
4.
Metode-metode peningkatan kualitas akidah
a.
melalui pembiasaan dan keteladanan.
b.
melalui pendidikan dan pengajaran
5.
Prinsip-prinsip Akidah dalam Kehidupan
a.
Pengakuan dan keyakinan bahwa Allah Swt.. adalah Esa.
b.
Pengakuan bahwa para Nabi telah diangkat dengan Allah Swt.
c.
Kepercayaan akan adanya hari kebangkitan.
d.
Keyakinan bahwa Allah Swt.. adalah Maha Adil.
F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Scientific:
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan.
2. Model
Direct instruction (pembelajaran
langsung).
3. Metode
Artikulasi (membuat atau mencari
pasangan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Multimedia berbasis ICT: slide power
point.
2. Alat
Komputer/Laptop, LCD Proyektor,
Sound System, Instalasi listrik.
3. Sumber pembelajaran
Kementerian Agama. 2014. Buku
siswa Akidah Akhlak untuk MTs kelas VII. Jakarta:
Kementerian Agama.Hidayat, Junaidi,
dkk. 2009. Ayo Memahami Akidah dan AkhlakMTs
kelas VII. Jakarta: Airlangga.
.
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran,
antara lain dengan berdo’a, tadarus,
mengecek kebersihan kelas, dan mengecek kehadiran
peserta didik.
b. Guru
mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi yang telah dipelajari
dan
hal-hal yang berkaitan dengan materi
sifat-sifat Allah.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik.
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Mengamati gambar atau video yang
berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang
berhubungan dengan aqidah islamiyah
Menyimak dan membaca materi tentang aqidah
islamiyah
Mendengarkan penjelasan tentang pengertian
aqidah islamiyah
Menanya
Siswa
menyusun pertanyaan tentang aqidah islamiyah
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang aqidah
islamiyah
Mengumpulkan informasi
Membaca sumber lain tentang aqidah
islamiyah
Menginventarisir contoh-contoh perilaku
orang ber aqidah islamiyah
Mendiskusikan materi yang diperoleh
tentang aqidah islamiyah
Mengasosiasi
Saling mencocokkan materi yang diperoleh
dari sumber lain.
Membuat peta konsep tentang aqidah
islamiyah
Menyimpulkan contoh-contoh perilaku orang
yang aqidah
islamiyyah
Mengkomunikasikan
Memaparkan temuan-temuan tentang perilaku
orang yang ber aqidah islamiyah
3. Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa membuat rangkuman/simpulan materi pembelajaran.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Memberikan penugasan sesuai dengan materi pembelajaran untuk pengayaan
dan/atau remedi.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan
kedua
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran,
antara lain dengan berdo’a,
tadarus, mengecek kebersihan kelas, dan mengecek kehadiran
peserta didik.
b. Guru
mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang materi yang telah dipelajari
dan
hal-hal yang berkaitan dengan
materi aqidah
islamiyyah
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi serta kegiatan yang akan
dilakukan peserta didik.
Mengamati
Mendengarkan penjelasan tentang pengertian
aqidah islamiyyah beserta dalilnya
Membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang aqidah
islamiyyah
Mencermati isi kandungan ayat-ayat
al-Qur’an tentang aqidah islamiyyah
Menanya
Siswa menyusun pertanyaan tentang dalil naqli
mengenai aqidah
islamiyyah
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang dalil
naqli mengenai aqidah
islamiyyah
Mengumpulkan
informasi
Membaca sumber lain tentang dalil aqidah islamiyyah
Menggali dari berbagai sumber dalil aqidah
islamiyyah
Mengasosiasi
Saling mencocokkan materi yang diperoleh
dari sumber lain.
Menyimpulkan isi kandungan ayat tentang aqidah
islamiyyah
Mengkomunikasikan
Memaparkan temuan-temuan tentang perilaku
orang yang mempunyai aqidah islamiyyah
Membacakan dalil naqli tentang aqidah
islamiyyah
Menyajikan kesimpulan isi kandungan ayat
tentang aqidah
islamiyyah
3. Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa membuat rangkuman/simpulan materi pembelajaran.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Memberikan penugasan sesuai dengan materi pembelajaran untuk pengayaan
dan/atau remedi.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I.
Penilaian
1.
Penilaian sikap
a.
Jenis/teknik penilaian :
Observasi
b. Bentuk
instrumen penilaian :
Lembar observasi
c.
Instrumen penilaian
No.
|
Aspek
|
Skor (1-4)
|
1
|
Tanggung
Jawab
a.
Berupaya menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan
b.
Menggunakan waktu secara efisien untuk mengerjakan seluruh tugas
c.
Menjalankan peran secara sukarela
d.
Melaporkan setiap peristiwa yang memerlukan penanganan guru
|
4
|
2
|
Disiplin
a.
Hadir tepat waktu
b.
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
c.
Mentaati prosedur belajar sesuai tugas
d.
Selesai tepat waktu
|
4
|
No.
|
Aspek
|
Skor
(1-4)
|
3
|
Kerja
sama
a.
Melibatkan diri dan mengambil peran secara aktif dalam kelas
b.
Berbagi tugas dengan siswa lain (tidak mendominasi)
c.
Tidak mengganggu siswa lain
d.
Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran
|
4
|
Jumlah Skor
|
12
|
d.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika seluruh
indikator ditunjukkan oleh siswa yang diamati
Skor 3, jika tiga indikator
ditunjukkan oleh siswa yang diamati
Skor 2, jika dua indikator
ditunjukkan oleh siswa yang diamati
Skor 1, jika hanya satu
indikator ditunjukkan oleh siswa yang diamati
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum : 12
Skor perolehan peserta didik : SP
Nilai yang diperoleh peserta
didik : SP/12 X 4
3)
Rentang nilai
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂Nilai≤1,00
|
D
|
1,00˂Nilai≤1,33
|
D+
|
1,33˂Nilai≤1,66
|
C-
|
1,66˂Nilai≤2,00
|
C
|
2,00˂Nilai≤2,33
|
C+
|
2,33˂Nilai≤2,66
|
B-
|
2,66˂Nilai≤3,00
|
B
|
3,00˂Nilai≤3,33
|
B+
|
3,33˂Nilai≤3,66
|
A-
|
3,66˂Nilai≤4,00
|
A
|
2.
Penilaian pengetahuan
a.
Jenis/teknik penilaian :
Tes tertulis
b. Bentuk
instrumen penilaian :
Uraian
c.
Instrumen penilaian
No
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
4
|
||
2
|
4
|
||
3
|
4
|
||
4
|
4
|
||
No
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
5
|
4
|
||
6
|
4
|
||
7
|
4
|
||
8
|
4
|
||
9
|
4
|
||
10
|
4
|
||
Jumlah
|
40
|
d.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika jawaban benar dan
lengkap
Skor 3, jika jawaban benar
tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika sebagian jawaban
benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian jawaban yang
benar dan tidak lengkap
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum : 40
Skor perolehan peserta didik : SP
Nilai yang diperoleh peserta didik :
SP/40 X 4
3) Rentang
nilai
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂Nilai≤1,00
|
D
|
1,00˂Nilai≤1,33
|
D+
|
1,33˂Nilai≤1,66
|
C-
|
1,66˂Nilai≤2,00
|
C
|
2,00˂Nilai≤2,33
|
C+
|
2,33˂Nilai≤2,66
|
B-
|
2,66˂Nilai≤3,00
|
B
|
3,00˂Nilai≤3,33
|
B+
|
3,33˂Nilai≤3,66
|
A-
|
3,66˂Nilai≤4,00
|
A
|
3.
Penilaian keterampilan
a.
Jenis/teknik penilaian :
Unjuk kerja
b. Bentuk
instrumen penilaian :
Lembar penilaian unjuk kerja
c.
Instrumen penilaian
No
|
Butir Soal
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Tulislah
salah satu ayat al-Qur’an yang menjadi dalil aqidah islamiyyah
|
Bentuk huruf
Keindahan
Kerapian
|
4
|
2
|
Berilah
syakal (harakat) ayat tersebut secara lengkap!
|
Harakat fathah
Harakat kasroh
Harakat domah
Harakat sukun
Harakat tasdid
|
4
|
3
|
Bacalah
ayat tersebut dengan tartil!
|
Makharijulhuruf
Tajwid
|
4
|
4
|
Artikan
ayat tersebut dengan benar!
|
Jelas
Runtut
|
4
|
5
|
Presentasikan
kesimpulan isi kandungan ayat tersebut
|
Jelas
Runtut
Penguasaan materi
|
4
|
Jumlah skor
|
20
|
d.
Pedoman penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika
semua indikator terpenuhi dan benar
Skor 3,
jika semua indikator terpenuhi dan kurang benar
Skor 2,
jika sebagian indikator terpenuhi dan kurang benar
Skor 1,
jika sebagian indikator terpenuhi dan tidak benar
2)
Pengolahan skor
Skor maksimum :
20
Skor perolehan peserta didik :
SP
Nilai yang diperoleh peserta didik :
SP/20 X 4
3)
Rentang nilai
Nilai
|
Predikat
|
0,00˂Nilai≤1,00
|
D
|
1,00˂Nilai≤1,33
|
D+
|
1,33˂Nilai≤1,66
|
C-
|
1,66˂Nilai≤2,00
|
C
|
2,00˂Nilai≤2,33
|
C+
|
2,33˂Nilai≤2,66
|
B-
|
2,66˂Nilai≤3,00
|
B
|
3,00˂Nilai≤3,33
|
B+
|
3,33˂Nilai≤3,66
|
A-
|
3,66˂Nilai≤4,00
|
A
|
Mengetahui :
Kepala MA NU TBS
Kudus
Guru Mata Pelajaran
H. Mustafa Imron,
SHI
Drs. Rifa’i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar