Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara A, B,
C, D atau E yang sesuai dengan pernyataan sebelumnya dari tiap nomor dengan
cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawaban dengan menggunakan pensil 2B!
1.
Contoh
wujud budaya masa lalu yang terdapat pada masyarakat suku Dani di Papua dalam
menghormati keluarga yang meninggal dunia adalah ….
A. memotong lima ekor babi jantan hasil
buruan keluarga
B. memotong ruas jari dari anggota
keluarga
C. melangsanakan pesta babi bersama
kepala suku
D. mengasingkan semua angggota keluarga
yang ditinggal
E. melakukan
upacara memberi
sesaji kepada arwahnya
2.
Perhatikann
gambar pakaian adat berikut!
Gambar di atas
menunjukkan budaya lokal dari masyarakat ….
A. Aceh
B. Sunda
C. Madura
D. Lampung
E. Jawa
3.
Para
petani penggarap sawah dengan membuat waduk atau bendungan dapat mengairi
sawahnya untuk musim tanam tertentu sehingga petani tidak lagi mengandalkan air
hujan. Perubahan budaya tersebut disebabkan karena ….
A. Suatu penemuan baru yang tidak dapat
diterima masyarakat
B. Perubahan teknologi yang berkembang dikalangan
masyarakat
C. Adanya rasa tidak puas terhadap
nilai-nilai yang berkaku
D. Adanya penyimpangan-penyimpangan dari
suatu system
E. Adanya
perubahan terhadap suatu tatanan yang ada
4.
Perhatikan
contoh kebudayaan berikut ….
1. kebudayan Budha
2. kebudayaan Hindu
3. kebudayaan Islam
4. kebudayaan Portugis
5. kebudayaan Belanda
Dari contoh di atas yang termasuk penetration
pacifique (masuknya budaya secara damai) ke nusantara adalah nomer
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
5.
Bapak
Budiman seorang muslim, ia mengadakan pengajian tahlil dalam rangka
memperingati hari ke-40 salah satu anggota keluarganya yang telah meninggal
dunia. Contoh tersebut menunjukkan adanya percampuran budaya Islam dan Hindu.
Proses percampuran budaya tersebut menunjukkan telah terjadinya ...
A. asimilasi
B. sintesa
C. sosialisasi
D. akulturasi
E. Akomodasi
6.
Salah
satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat dalam menghadapi keragaman budaya
yaitu dengan ….
A. menyerap nilai budaya asing
sebanyak-banyaknya tanpa seleksi
B. mengembangkan budaya sendiri sambil
menghargai budaya lainnya
C. mewariskan nilai budaya kepada
kelompok etnis sendiri
D. menutup diri terhadap masuknya
pengaruh unsure budaya lain
E. melakukan
perlawanan terhadap masyarakat yang meremehkan budaya lain
7.
Keragaman budaya masyarakat Indonesia
harus dipandang sebagai kekayaan yang sangat bernilai. Untuk mewujudkan bangsa
Indonesia yang terintegrasi sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, maka
diperlukan sikap yang sesuai, yakni ….
A. antipati
B. empati
C. persuasi
D. toleransi
E. Simpati
8.
Konsep dinamika budaya memandang
kebudayaan sebagai ….
A. Hasil
interaksi manusia dengan manusia lain
B. Usaha
untuk melangsungkan hidup manusia
C. Bagian
dari kehidupan manusia yang sangat penting
D. Hasil
karya manusia
E. Sesuatu
hal yang selalu mengalami perubahan
9.
Perhatikan
data berikut ini!
1) Adanya rasa tidak puas terhadap
nilai-nilai yang berlaku
2) Terjadinya interaksi dengan
masyarakat lain
3) Adanya suatu penemuan baru yang
diterima oleh masyarakat
4) Adanya prasangka buruk terhadap
kebudayaan luas
Dari data
diatas, faktor pendorong intern perubahan kebudayaan adalah nomor…
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E. 1 dan 4
10. Pada
masyarakat Betawi sejak kanak-kanak sudah dibiasakan mengaji pada ustadz-ustadz
kampung setempat. Hal ini merupakan salah satu contoh pewarisan budaya melalui
....
A. keluarga
B. teman
sepermainan
C. masyarakat
D. lembaga
agama
E. orang
tua
11. Perbedaan peranan keluarga dalam
pewarisan budaya dalam masyarakat tradisional dan modern
Masyarakat
Tradisional
|
Masyarakat modern
|
A.
Dibentuk secara
sadar
|
A.
Dibentuk secara
suka rela
|
B.
Proses
pewarisan melalui lembaga agama
|
B.
Proses
pewarisan melalui lembaga adat
|
C.
Kepatuhan anak
lebih mudah
|
C.
Kepatuhan anak
lebih sulit
|
D.
Fungsi
pendidikan dijalankan oleh sekolah
|
D.
Fungsi
pendidikan dijalankan oleh keluarga
|
E.
Sarana
pewarisan budaya berupa organisasi social
|
E.
Sarana
pewarisan budaya berupa pesantren
|
12. Melalui televisi, kita dapat
menyaksikan berbagai kejadian yang ada di belahan lain dunia ini. Kita bisa
melihat orang Aborigin di Australia, orang Eskimo di Alaska dan lain-lainnya.
Dari hal tersebut diatas, kita dapat mewariskan budaya melalui…
A. pendidikan
B. swadaya masyarakat
C. politik
D. mass media
E. ekonomi
13. Untuk terwujudnya integrasi nasional
dibutuhnkan adanya dorongan baik dari dalam maupun dari luar. Berikut ini yang
merupakan faktor penghambat integrasi nasional ….
A. faktor senasib seperjuangan
B. rasa cinta tanah air dikalangan
bangsa Indonesia
C. adanya konsensus nasional Pancasila
sebagai dasar Negara
D. luasnya wilayah Indonesia dari Sabang
sampai Maroke
E. adanya
rasa rela berkorban untuk Negara
14. Berikut ini bukan merupakan
usaha-usaha yang relevan dalam rangka mempertahankan integrasi nasional ….
A. mencegah konflik etnik
B. menanamkan sikap etnosentris
C. meningkatkan solidaritas antar suku
bangsa
D. merayakan hari ulang tahun
kemerdekaan RI
E. menerapkan
toleransi antar suku bangsa
15. Bentuk NKRI merupakan perwujudan dari
integrasi nasional, dengan demikian peranan integrasi nasional dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara adalah ….
A. menyatukan beberapa tatanan kehidupan
dalam masyarakat
B. mengikat masyarakat dalam melakukan
berbagai aspek kehidupan
C. mengengabangkan semua aspek kehidupan
sosial, politik, ekonomi, dan budaya
D. membangun kekuasaan segala aspek
kehidupan tanpa memandang integrasi nasional
E. menyatukan
semua aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya
16. Perhatikan pernyataan berikut ini
1. Menggunakan bahasa Indonesia dalam
pergaulan
2. Mengembangkan paham chauvinisme
3. Melakukan kegiatan gotong-royang
4. Memupuk rasa etnosentris
Yang merupakan usaha-usaha untuk mewujudkan integrasi
nasional adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2
dan 4
17. Perhatikan pernyataan berikut
1. Bahasa Indonesia menjadi pengantar
pendidikan
2. Bahasa Indonesia menjadi bahasa
dialek
3. Bahasa Indonesia merupakan bahasa
pergaulan
4. Bahasa Indonesia menjadi bahasa
perjuangan
Yang merupakan
fungsi bahasa dalam mempertahankan integrasi nasional adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3
dan 4
18. Salah satu fungsi bahasa secara umum
adalah ….
A. untuk adaptasi
B. mengekspresikan jiwa
C. memuaskan rasa estetika
D. mempelajari ilmu pengetahuan
E. mengadakan hubungan dalam pergaulan
19. Ketika orang-orang berbicara ada yang
mengatakan Jakarta ada yang mengatakan Jakarte, kita-kite, berapa-berapo,
siapa-siapo dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan ....
A. bahasa terpengaruh situasi
B. adanya kaitan antara bahasa dengan dialek
C. menunjukan hubungan antara daerah dan
bahasa
D. tidak ada hubungan antara bahasa
dengan dialek
E. ada
hubungan khusus antara individu dengan dialek
20. Ciri bahasa dan dialek di lingkungan
pasar mudah dipahami oleh masyarakat penggunanya. Hal ini disebabkan oleh ….
A. menggunakan bahasa daerah setempat
B. sejarah budaya masyarakatnya sama
C. sama-sama pernah kursus bahasa
D. berasal dari daerah yang sama
E. intonasi bahasanya indah
21. Berikut ini yang bukan penyebab
memudarnya atau menghilangnya dialek di daerah adalah ….
A. menggap bahwa menggunakan bahasa
Indonesia dianggap hebat
B. kegemaran masyarakat mengunakan
dialek daerah
C. anggapan bahwa dialek daerah
ketinggalan
D. lebih senang menggunakan bahasa asing
dari pada bahasa daerah
E. penggunaan
dialek dianggap berselera rendah
22. Perbedaan bahasa dan dialek Sunda
pada table dibawah ini adalah ….
|
Bahasa
|
Dialek
|
A
|
Kita
|
Kite
|
B
|
Manis
|
Amis
|
C
|
Jakarta
|
Jakarte
|
D
|
Berapa
|
Berapo
|
E
|
Siapa
|
Siapo
|
23. Salah satu penyebab dari terjadinya
perkembangan dialek dalam suatu bahasa adalah fa
A. geografi
B. pendidikan
C. politik
D. ekonomi
E. budaya
24. Salah satu contoh dialek
ngapak-ngapak berasal dari daerah ….
A. Solo
B. Jogyakarta
C. Banyumas
D. Aceh
E. Jakarta
25. Salah satu kebiasaan dalam masyarakat
yang penyampaiannya dilakukan secara lisan dari mulut ke mulut. Pernyataan
tersebut merupakan pengertian ….
A. adat istiadat
B. adat kebiasaan
C. tradisi lisan
D. tradisi bukan lisan
E. tradisi
sebagian lisan
26. Tradisi lisan merupakan kekayaan
budaya nasional karena …..
A. tradisi lisan merupakan hasil cipta
rasa dan karsa nenek moyang yang mengandung nilai-nilai luhur
B. dapat dikembangkan untuk potensi
wisata sehingga dapat meningkatkan devisa Negara
C. telah dikenal oleh seluruh penduduk
Indonesia
D. dimiliki oleh semua daerah di
Indonesia
E. telah ada sejak zaman dahulu dan
diwariskan hingga sekarang
27. Perhatikan wujud budaya berikut :
1. novel
2. mitos
3. film
4. legenda
5. komik
6.
dongeng
Daripernyataan di atas
yang merupakan tradisi lisan adalah ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 4), dan 6)
D. 3), 4), dan 5)
E. 4),
5), dan 6)
28. Tradisi lisan yang berkembang di
masyarakat cenderung dapat bertahan dan masih dapat kita jumpai sampai
sekarang. Hal ini disebabkan ….
A. tradisi lisan pantang dihilangkan
B. tradisi lisan ditularkan dari
generasi kegenerasi
C. tradisi lisan dapat mengikuti
perkembangan jaman
D. tradisi lisan merupakan hak setiap
individu
E. tradisi
lisan harus dipertahankan dan dilestarikan
29. Salah satu contoh tradisi lisan yang
masih bertahan dalam masyarakat adalah ….
A. pembacaan puisi pada acara tertentu
B. lomba permainan rakyat pada saat HUT
RI
C. lomba kreasi makanan tradisional
D. membaca kidung pada acara tujuh
bulanan
E. memakai
pakaian hitam pada saat melayat
30. Perhatikan table berikut!
Seni
Rupa Murni
|
Seni
Rupa Terapan
|
A.
Mengutamakan
kepuasan pribadi
|
A.
Mengutamakan
kepuasan pribadi
|
B.
Mencakup seni
lukis, patung
|
B.
Mencakup seni
kriya, desain komunikasi, desain interior
|
C.
Merupakan karya
pribadi
|
C.
Merupakan karya
bersama
|
D.
Hanya terdapat
di rumah-rumah
|
D.
Bisa ditemukan
di galeri
|
E.
Mengutakan
kepentingan pengamat seni
|
E.
Mengutamakan
pelaku seni
|
Dari table di atas yang bendakan antara seni rupa
murni dengan seni rupa terapan adalah ….
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
31. Urutan tahapan masa perkembangan seni
sastra di Indonesia adalah ….
A. Sastra lama, Sastra peralihan, Sastra
Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70
B. Sastra Balai Pustaka, Pujangga Baru,
Angkatan 45, 66, 70, dan Reformasi
C. Balai Pustaka, Pujangga Baru,
Angkatan sastra lama Hindu dan Budha
D. Pujangga Baru, Balai Pustaka,
Angkatan 45, 66, 70
E. Sastra
Baru, Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70, 80-an dan Angkatan
Reformasi
32. Perhatikan tabel dibawah ini!
No
|
Nama
|
Karya Sastra
|
1
|
Khaeril Anwar
|
Aku
|
2
|
Sultan Takdir Ali Syahbana
|
Layar terkembang
|
3
|
Merari Siregar
|
Azab dan Sengsara
|
4
|
Putu Wijaya
|
Telegram, Stasiun
|
5
|
Marah Rusli
|
Siti Nur baya
|
Yang termasuk
karya sastra angkatan Balai
Pustaka adalah nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 5
D. 2 dan 4
E. 3 dan 5
33. Seni pertunjukan yang digunakan dalam
ritual keagamaan adalah ….
A. tayub
B. Jaipong
C. Ronggeng
D. Sintren
E. Wayang kulit
34. Perhatikan jenis seni pertunjukan
berikut ….
1)
Jaipong
2)
Ludruk
3)
Ronggeng
4)
Ketoprak
Seni pertunjukan yang berasal dari Jawa Barat adalah
nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
35. Dalam proses pewarisan budaya,
kesenian rakyat berfungsi sebagai penyampai pesan nilai budaya luhur bagi
masyarakat. Kesenian rakyat dari Jakarta yang berfungsi sebagai alat
penyampaian nilai-nilai luhur adalah ….
A. ondel-ondel
B. tanjodor
C. tarling
D. lenong
E. tari
cokek
36. Perbedaan agama dengan kepercayaan
dalam pada tabel di bawah ini adalah... .
Agama
|
Kepercayaan
|
A. manusia
percaya adanya Tuhan.
B. percaya
kepada kekuasaan sakti.
C. mempercayai
dewa yang jahat.
D. percaya
kepada dewa.
E. mengenal
dunia gaib.
|
A. manusia
mengenal makhluk2 halus.
B. patuh
dan taat pada nabi.
C. mengetahui
adanya utusan Tuhan.
D. percaya
kepada Tuhan.
E. menyetujui
adanya hari kiamat
|
37. Berikut ini yang merupakan contoh
sinkretisme dalam praktek keagamaan adalah ….
A. membakar kemenyan dalam ibadah
B. semua benda di alam memiliki kekuatan
C. percaya roh orang meninggal masih ada
D. percaya kekuatan alam berasal dari
alam
E. segala
sesuatu perwujudan dari Tuhan
38. Salah satu kepercayaan terhadap arwah
nenek moyang merupakan ciri-ciri dari ……
A. Animisme
B. Panteisme
C. Polyteisme
D. Totemisme
E. Dinamisme
39. Mengkultuskan (memfokuskan) bahwa
suatu benda memiliki kekuatan (keampuhan) adalah ….
A. Totemisme
B. Chauvinisme
C. Animisme
D. Dinamisme
E. Atheisme
40. Manusia dalam kehidupan sering
mengalami masalah yang berat setelah berbagai jalan ditempuh pada akhirnya
manusia berserah diri kepada Tuhan. Dari illustrasi ini menunjukkan bahwa agama
berfungsi sebagai ….
A. Edukatif
B. Penyelamatan
C. Pengawasan
D. Persaudaraan
E. Pelayanan
41. Agama hidup berkembang dan bahkan
mengalami perpaduan dengan agama lainnya :
1. Budha Mahayana dengan upacara
pemujaan kepada Syiwa dengan Budha
2. Islam Kejawen perpaduan Jawa
tradisional dengan agama Islam yang menyebut Tuhan menjadi Gusti Allah
3. Demikian pula dalam hal do’a memakai
kembang dan membakar kemenyan
Dari contoh
diatas merupakan proses ……
A. asimilasi
B. difusi
C. enkulturasi
D. sinkretisme
E. internalisasi
42. Perhatikan
pernyataan berikut :
Monotheisme
|
Politheisme
|
1. Konsep Ketuhanannya
tunggal
|
Konsep ketuhanannya banyak tuhan
|
2. Kepercayaan kepada
dewa-dewa
|
Konsep ketuhanannya monotheisme
|
3. Tidak memiliki kitab suci
|
Memiliki kitab suci
|
4. Kebenaran ajaran tidak tahan uji
|
Kebenaran ajaran tahan uji
|
5. Konsep ajarannya tidak jelas
|
Konsep ajarannya jelas
|
Pernyataan di
atas yang memebedakan kepercayaan monotheisme dengan politheisme yang tepat
adalah nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
43. Agama mempunyai tugas membimbing umamatnya
untuk menuju kesempurnaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Agama menyampaikan ajaran-ajarannya
melalui upacara keagamaan, dakwah, khotbah, renungan, pendalaman materi dan
sebagainya.
A. Fungsi edukatif
B. Fungsi penyelamat
C. Fungsi pengawasan sosial
D. Fungsi pemersatu
E. Fungsi
toleransi
44. Berikut ini yang bukan faktor-faktor
yang menghambat pewarisan iptek dalam masyarakat….
A. Tingkat pendidikan yang rendah
B. Sarana dan prasarana pendukung yang
minim
C. Pandangan sesuatu yang baru itu
berbahaya
D. Sikap acuh tak acuh terhadap iptek
E. Pemanfaatan iptek untuk pendidikan
45. Pemakaian obat-obatan antihama dalam
bidang pertanian yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan ….
A. hasil produksi meningkat
B. masa panen dapat dipercepat
C. tanaman bebas dari serangan hama
D. hama tanaman dapat segera dibasmi
E. organisme yang bukan sasaran punah
46. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Teknologi akan menggoyahkan integrasi
budaya
2. Ilmu pengetahuan bertentangan dengan
pedoman hidup
3. Teknologi dapat bermanfaat terhadap
kehidupan
4. Dengan teknologi dapat dengan mudah
terpenuhi kebutuhan
Dari pernyataan
di atas yang mempercepat penerimaan teknologi ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
47. Tulisan atau diskripsi mengenai
kehidupan sosial budaya suatu suku
bangsa disebut….
A. Etnografi
B. Etnologi
C. Etnolinguistik
D. Linguistic
E. Frase
48. Metode ini
dilakukan melalui
pengamatan visual, yaitu dengan
melakukan pencatatan terhadap gejala-
gejala pada obyek penelitian secara
langsung dilapangan. Dalam hal ini
metode yang digunakan disebut :
A. Observasi
B. Wawancara
C. Angket
D. Analisis media
massa
E.
Studi
kepustakaan
49. Perhatikan
beberapa hal dibawah ini !
1.
Adat
istiadat
2.
Bahasa
3.
Sistem
teknologi
4.
Sistem
ekonomi
5.
Organisasi
sosial
6.
Perkawinan
Yang termasuk dalam kerangka etnografi adalah nomor……
A. 1, 2, 3 dan 4
B. 1, 3, 4 dan 5
C. 2, 3, 4 dan 5
D. 2, 4, 5 dan 6
E.
3,
4, 5 dan 6
50. Dalam
karangan etnografi, mitologi
satu suku bangsa termasuk dalam
pembahasan…..
A. Sistem teknolo
B.
Sistem
religi
C.
Asal
atau sejarah
D. Lokasi,
lingkungan alam dan denografi
E.
Organisasi
sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar